Ulasan perjalanan menggunakan bus Rosalia Indah


Tiba di bandara Soekarno-Hatta dengan selamat, tidak kurang apapun…well, uang saya berkurang sih. Hah! Jam 20.15 saya berada di urutan sekian di antrian imigrasi. Antriannya panjang dan berjalan lambat ditambah loketnya sedikit. Beda banget sama bandara Incheon. Belum lagi, di bandara Incheon saya tidak ditarik pajak bandara yang di Soekarno-Hatta biayanya Rp 100.000. Udah ditarik pajak bandara tapi pelayanannya minimal. Setelah beres masih harus menunggu bagasi yang lama keluar.

Jam 21.00 saya masuk ke bus Damri bandara ke arah terminal Kampung Rambutan. Satu jam perjalanan dan bapak menjemput saya di RS Harapan Bunda. Hmm, saya senang cuaca Jakarta yang bahkan di malam hari mencapai 28 derajat Celcius. Cuaca Korea Selatan di musim gugur sangat menyiksa. Kabarnya Korea menjadi lebih dingin pada Desember. Saya tidak ingin turut campur. Saya suka cuaca tropis.

Besoknya saya sudah harus berangkat menuju Jogja. Saya memilih naik bus karena pangkalannya dekat dari rumah. Kalau ke Gambir jauh, ke bandara apalagi. Karena saya kapok dengan bus Kramat Djati, saya nitip beli tiket bus ke bapak. Dia beli tiket bus Rosalia Indah kelas executive, agen bus itu ada di seberang Sekolah Sudirman, Cijantung. Baru kali ini saya naik bus Rosalia.

Harga tiketnya lebih murah dari Kramat Djati dan Ramayana dengan jurusan yang sama yaitu Jogja. Kalau Kramat Djati harga tiket bisnis AC Rp 90.000 tanpa makan, dan tidak ada pijakan kaki di kursi. Kalau Ramayana harganya Rp 110.000 tanpa makan, dapat snack, dan tidak ada pijakan kaki di kursi. Kalau soal kondisi fisik bus, Ramayana bervariasi. Kalau lagi hari baik ya dapatnya bus yang bagus kalau lagi apes ya dapat bus yang kurang memuaskan. Kalau Kramat Djati sih sama aja, busnya kurang nyaman. Oya, setahu saya Kramat Djati tidak punya kelas VIP atau executive untuk jalur Jogja. Bus Rosalia lebih baik, ada pijakan kaki, dapat Aqua botol kecil, dan dapat makan yang lumayan lah rasanya. Saya kok jadi kayak orang kasmaran ya?

Tapi begini, intinya bus Rosalia kelas executive yang murah meriah ini tidak ada kecoaknya. Supirnya suka nyalip bus lain dan bikin tidur nggak nyaman. Makanannya lumayan tapi hati-hati kalau anda punya pencernaan yang sensitif karena bisa jadi begitu sampai di Jogja langsung sakit perut dan diare. Itu sih yang menimpa saya. Jadi memang lebih baik bawa makanan sendiri dari rumah.

Jalur bus Rosalia beda dengan Kramat Djati dan Ramayana yang lewat Magelang. Rosalia lewat Purworejo dan tidak lewat terminal Jombor melainkan lewat Gamping. Alhasil baru pertama itu saya turun di Pasar Gamping. Saya telepon Karman untuk jemput walau ragu apakah dia tahu Gamping karena dia orang Magelang belum tahu benar Jogja bagian Selatan. Eh, si Karman kalau tidur memang super banget. Telepon saya nggak diangkat. Akhirnya saya telepon teman kos dan dia yang membangunkan Karman untuk membukakan pintu. Saya mengajak seorang ibu yang turun di Sendowo, UGM untuk naik taksi bareng. Wuih, taksinya mahal. Harusnya kan cukup dihitung satu, ini malah penumpang dihitung. Jadi totalnya 40 ribu. Nggak lagi deh. Tapi naik ojek pun 20 ribu. Padahal nggak jauh, dari Pasar Gamping lurus sebentar lalu belok kanan dan lurus sampai ke lampu merah sebelum bioskop Permata lalu belok kiri. Dari situ tinggal lurus aja sampai ke Tegal Lempuyangan.

Susah juga nih.

Lempuyangan, 21 November 2007

72 thoughts on “Ulasan perjalanan menggunakan bus Rosalia Indah

  1. saya punya pengalaman memesan tiket di agen bus Rosalia indah sangat mengecewakan. ceritanya berawal ketika saya mau mudik lebaran ke ngawi, 3 minggu sebelum hari h saya memesan tiket di agen bus rosalia indah yang ada di cikarang yang bertempat di dekat kalimalang. ketika itu saya memesan tiket untuk executif, si agen bus bilang klo saya mendapatkan tiket executif dengan fasilitas kursi 2-2 , ac, selimut dan makan stau kali, saya merasa tenang. kemudian saya tlp ke ngawi ke ayah saya untuk memesankan tiket untuk balik kecikarang ke PO Rosalia Indah. tapi ketika saya melunasi uang pemesanan tiket saya, agen bus rosalia sangat mengecewakan dia memberi saya teket untuk bus pariwisata yang seat 2-3. saya sangat kecewa. ketika itu saya memprotes dan meminta uang saya kembali mereka tidak bisa mengembalikan uang saya dengan alasan tidak jelas. ketika pemberangkatan saya benar2 sangat kecewa, ternyata bukan saya yang di kecewakan semua penumpang yang bersama saya juga merasa di bohongi oleh agen bus rosalia indah.alhamdulilah saya sampai ngawi dengan selamat.ketika saya mau balik kecikarang karena ayah saya sudah memesan tiket di rosalia saya mencoba apakah semua agen rosalia seperti yang di cikarang ternyata sama saja, ketika saya melunasi tiket pemesanan saya sama seperti di cikarang saya di beri tiket bus pariwisata padahal ayah saya pesan bus rosalia dengan kelas executif ternyata saya mendapatkan bus dengan fasilitas yang jauh dari executif. saya mendapatkan bus yang seat 2-3, tidak dapat selimut dan tidak dapat makan. sekarang saya berkesimpulan ternyata agen bus rosalia semua sama membohongi penumpang untuk mendapatkan keuntungan. seharusnya sebagai agen bus yang sudah ternama memberikan fasilitas yang bagus bukan membohongi.mungkin saya memberikan saran kepada para pembeli tiket bus untuk berhati – hati kepada agen bus .

  2. Daripada rosallia, mending naik bus Harapan Jaya, harapan jaya tdk pernah mengecewakan pelanggannya.Sy ke ngawi naik bus ini. Executive nya ada toilet, seat 2-2, service makan 2x, selimut dan bantal,audio,TV, sandaran Kaki.

  3. saya juga punya pengalaman nyebelin waktu naik bus Rosalia Indah. 3 tahun berturut-turut saya lebaran mudik pake rosalia tapi ketiga-tiganya tidak menyenangkan…….saya beli tiket di Agen Rosalia yang di Cibitung (deket pintu tol). saya sudah pesen 20 hari sebelum keberangkatan mudik. tapi pas tiba hari H dan saya tukar tiket jam 08.00 pagi baru dikasih tau kalo bis yg VIP habis dan adanya Yg Patas. ( trz apa gunanya kita pesen jauh2 hari & harus DP????….capek deh….)
    tapi saya masih sabar,,, saya turutin aja dikasih bis Patas AC no kursi 23 C & 23 D…. jam 17.00 bis datang & ternyata begitu saya naik……saya tidak mendapatkan tempat duduk saya…..oh god ternyata di dlm bis nya ga ada no. 23…klo gitu saya harus duduk dimana donk???
    dengan emosi saya marah2 dan sama sekali tidak ada tindakan bantuan yang berarti dari pihak rosalia. akhirnya saya telp polisi dan saya bilang bis ga boleh jalan dulu sebelum saya dapet tempat duduk.

  4. ho,oh..
    beneran klo getoh akur..
    saya juga punya perlakuan kurang nyaman ato boleh di bilang tidak amat sangat menyenangkan dari ROSALIA indohoyyyyy..
    Rosalia emang jelek…
    tidak pamiliar ga bertanggungjanabbbbbbb…
    pengalaman ga jauh beda dengan mag aGUs..
    saya dah naik bis dari ngawi dengan no bangku 16 dan 17 ehhhhhhh…
    Goblok nya orang ROSALIA baru Nyampe mantingan kata agen di sana no yang saya duduki udah jatahnya dia buat penumpang nya di mantingan…
    wahhhhhh… baru ini kali saya murka Dosa kali ya…
    saya maki maki itu ibu ampe nagis dasar ga becus…
    sakarepe dewe…
    akhirnya datang pencerahan saya di kasih tempat duduk belakangnya…
    biar masih mangkel yaaaa terima saja…
    lagian saya pikir masih lebaran…
    cuma KapoK ga mau mau lagi naik ROSALIA IDOHOY…
    MENYEBALKAN bikin orang berdosa aja…

  5. Emank pihak Rosalia ga pernah bisa becus ngurusin pemesenan tiket .waktu saya mau ke jakarta saya sudah pesan tiket sebelumnya…….eh tau2nya pasa hari keberangkatan saya di beritahu kalo bus yg telah saya pesan sblmnya ga bisa berangkat,,katanya sudah dipesan oleh rombonganlah ….apala ga jelas. sampe skarang saya ga pernah naik rosalia lagi krn kesannya kita tidak dihargai samasekali,,,,lebih baik saya sarankan naik aja harapan jaya krn busnya nyaman di bandingin rosalia……

  6. Sudah 1 tahun ini saya pindah kerja ke jakarta, hampir setiap minggu paling lama 2 minggu saya pulang ke Sragen-Jawa tengah. semua perjalanan saya pulang pergi Sragen Jakarta saya naik rosalia. Alhamdulillah hanya sekali dapat masalah AC bus rosalia bermasalah dari semarang-Jakarta. Untuk pemesanan tiket saya lakukan by phone sama seperti pengguna bus yang lain cuma mungkin bedanya saya selalu yakinkan bahwa kalau saya terlambat datang atau saya tidak datang ke terminal maha keesokan harinya saya akan datang membayar tiket yang saya pesan walaupun saya tidak naik karena itu merupakan kesalahan saya. semua keluarga saya juga naik Rosalia sampai hari ini tidak pernah bermasalah. Jadi menurut saya tidak semua agen bermasalah, untuk wilayah Jakarta saya selalu pesan melalui agen Rawamangun (Bp. Sarmanto Hp. 0818723879) Tapi saya yakin kalau anda belum dikenal dan tidak bisa meyakinkan penanggungjawab di sana juga akan bernasib sama yaitu tidak akan mendapat tiket seperti yang kita harapkan. Selamat mencoba……

  7. ini masukan mungkin buat Bapak2/Ibu2 pengurus :

    1. Mohon keluhan2 seperti di atas hendaknya ditanggapi, minimal secara acak dilakukan pengecekan ke agen2 yang tidak bertanggungjawab tersebut sehingga kekecewaan pengguna bus rosalia bisa diminimalkan.

    2. Sebenarnya saya malu mengutarakan hal ini mungkin karena saya sering menggunakan bus rosalia sehingga saya bisa merasakan MENU MAKANAN yang itu2 saja, yang paling sering lauknya ayam potong dan jaman sekarang banyak orang mengurangi makan menu tersebut termasuk saya, alangkah baiknya ada menu lain bagi yang tidak mengkonsumsi ayam potong, terimakasih

  8. Bapak saya asli orang solo,jadi setiap tahun khususnya saat liburan kenaikan kelas saya selalu pulang ke solo,setiap ingin kembali kejakarta saya selalu menggunakan jasa bus rosalia indah.
    saya suka jika naik bis rosalia indah yang cepat,tapi saya selalu merasa kesal karena jam kedatangan bus yang selalu telat hampir berjam-jam.saya selalu naik bis dari terminal pusat PO.Rosalia Indah di palur

    Tolong Managemen bus segera memperbaiki masalah ini….!!!!!!!

  9. kapan ada klas super eksekutif ke wonogiri dan jam berangkat dari jakarta jangan sore dong minimal jam 14. 00 dah jalan.ilove you rosalia

  10. sudah beberapa kali saya ke surabaya dg jasa rosalia.Itu karena pool di sby persis di depan hotel bungurasih,jadi gak usah mumet cari hotel.
    ada beberpa usulan:
    1. untuk jarak jkt-sby tempat duduk kurang nyaman/terlalu pendek jaraknya,jadi pas di sby puegel banget
    2.musik dan pilem yg diputer bukannya nyenegin malah bikin berisik
    3.betul jg mas totok,panganane ayam terus,mendingan tempe bacem

  11. sy pernah naik rosin 2x dan 2x sy ditipu, 2x sy dikecewakan, sy dr ngawi – jkt brgkt jm 4.OO, sy pesan executive d kasih patas, kecewa sy, (mending naik Harapan Jaya yg Patas lebih enak krew lbh ramah) dengan hati kesal sy naik bus jelek ini, gak bs tidur orang mesin berisik dan sopir ugal2an lagi pas di SMG sy di oper dgn bus pariwisata patas, dan lebih gak enak lagi. Nyampe Rawangmangun badan sakit semua. Akhirnya kapok dan beralih ke Harapan jaya (so HJ kan ad scania dan volvo seat lbh luas and gak pernah di oper bus lain) sy saranin wong ngawi / madiun / wong jatim naik HJ aja, lebih enak

    • Aku juga punya masalah dengen ROSIN sangat menyebalkan singkat cerita yang pulang ke Ngawi istriku asli Jogja karena aku udah pulang duluan, 4 hari sebelumnya sudah pesan klass executif dg harga 135.000,- berangkat jam 4 sore. tepat hari Hnya jam 4 sore istriku keluar gerbang pabrik garmen gak jauh dari terminal pulogadung…pas mau ke terminal ketemu bis rosin di pintu keluar terminal dan istriku menyetop bis tsb karena nopol sesuai yang tertera di TICKET …langsung kondektur dan sopir ngebuka pintu dan marah2in istriku. singkat cerita istriku disuruh naik bis berikut dan nemuin penjaga ticket terminal. Ternyata disitu istriku disuruh bayar lagi 135.000 lagi dan masih sengsara lagi ternyata bisnya bukan exc melainkan patas biasa. Dengan rasa keterpaksaan istriku naik jg. kALO BOLEH TAU INI BIMO GELUNG PARON NGAWI kalo bener salam manis wae

  12. salam buat sopir Rosin yang mirip andi malarangeng.kenapa sekarang tidak ada pamugari lagi seperti dulu. sy senang naik rosin blm pernah kecewa dengan bus dan sopirnya.

  13. saya sbg salah satu agen RosIn meminta maaf atas ketidaknyamanan pelanggan.Tidak semua agen seperti itu.
    saya sebagai agen baru RosIn di Songgorunggi wilayah Solo memeinta saran dan kritik dari para pelanggan agar bisa memberi pelayanan yang terbaik bagi pelanggan RosIn.
    Saran dan kritik bisa di kirim ke yagitudeh.86@gmail.com

    • yaaachh, jangan cuma minta kritik n saran tapi yo ora ditanggapi. kaya orde baru aja, dikriik tak ditanggapi. kalo yang kecewa 1 atw 2 orang ra masalah, lah iki banyak orang.

  14. saya juga punya pengalaman sama naik dari bekasi timur tujuan solo katanya si jam 14.00, 30 menit sebelumya sudah sampai poll, daripada telat mendingan lebih awal jam 12.00 sudah datang tapi ternyata 16.00 baru datang bisnya yang bikin BT lagi mampir kesetiap pool uhh..kapan ampenya..kalau telat ditinggal tapi klu rosalia telat cuek aja…SEPIHAK ni…
    kembali pulangnya sebaliknya sama saja, banyak waktu tunggunya..usul kenapa enggak di satu pool aja jadi tidak tunggu menunggu..fasilitas ada tapi tidak pernah dipakai seperti video..lo apa gunanya klu bis executive?

  15. Saya juga pernah naik bus kramat djati tapi selama ini saya blum pernah di kecewakan….malah yg pernah bikin boring naik Lorena….masak perjalanan madiun-jakarta mogok sampek 5kali…wih….bener2 menjengkelkan…manalagi busnya gak karu2an…brisik banget…di oper lagi!!!!bru stelah di oper itu busnya lumayan,mungkin g semuanya bus lorena spt itu…tapi saya acungi jempol buat crewnya lorena saat itu…meskipun kondisi capek senyum&minta maap selalu di lontarkan ke penumpang…(profesional banget)akhirnya yang seharusnya nyampe jakarta jam 6 pagi…masuk pol lorena yang di lebak bulus baru jam…1 siang….

  16. kapan sih ada bus supereksekutif ke wonogiri, trus jangan sore dong berangkatnya dari jakarta.salam buat sopir rosali no pintu 278.usul nich agar ada [ramugari lagi seperti dulu.

  17. usul nih buat pengelola Rosin. kasih bus dengan smoking area dong biar yang merokok tidak tersiksa dengan tidak bisa merokok.bus baru dah oke banget dari Adi putro, besok lagi buat dengan smoking area.

  18. Saya sebenarnya ingin mencoba bis Rosalia Indah yang katanya enak, nyaman, dan katanya juga aman. Saya jadi penasaran deh. Tapi saya tinggal di Jakarta. Jadi kalo mau pergi ke luar Jawa Barat kayanya sih ga bisa deh. Tapi lebaran nanti Insyaallah mau cobain naik Rosalia Indah menuju Solo.

  19. To management Rosalia Indah, tolong dengan sangat diperbaiki sistim penjualan/pemesanan ticket yang sering mengecewakan pelanggan. Begitu juga untuk menu yang berikan ( sudah bosan ) diganti aja sambal tumpang, pecel, tempe bacem, krupuk karak, atau makanan yang non kolestrol….bukanya itu lebih ……

  20. Sudah lama sekali saya tidak naik bis Rosalia Indah. 5 tahun yang lalu, empat kali setahun pulang balik jakarta-madiun naik ros-in. Bisnya memang bagus-bagus. Tapi ada hal yang sangat amat mengecewakan. Saat berangkat di madiun saya dapat no tempat duduk sesuai kesukaan saya yaitu tidak didepan sendiri. Sampai di pool palur ehhh… lha kok saya di oper ke bis lain dengan no tempat duduk di depan sendiri. Padahal saya paling takut duduk didepan. Akhirnya palur jakarta saya tidak dapat tidur, dan di kantor saya ngantuk terus. Sekarang saya telah beralih naik Harapan Jaya yang bisa menghargai penumpangnya, ato kalo kehabisan harapan jaya saya naik Lorena. Saran saya buat Rosalia Indah belajarlah menghargai penumpang, karena penumpang itu manusia yg punya perasaan, punya marah dan tidak mau tunduk pada perusahaan bis.

  21. Wah kalo sy bandingkan lagi, Mending Naik Harapan Jaya dengan tujuan Yg sama, wlopun SE tapi mahal, kan SE nya rosin=Executive HARAPAN jaya, bangku 7 baris, harga murah makan enak, Malahan bis rata2 pake New Marcopolo,ada TV LCD(karoseri baru), bus vip menggunakan New Marcopolo kalo Exc HARJAY yg udah reot, di benahi dan di buat kelas PATAS AC,ya ya walaupun rata2 mengemudikan bus dgn pelan tapi safety kan ?,buat apa cari kencang kalo gak aman kan ?, pengalaman 5x naek ROSIN (termasuk udah Naik SE)udah kapok, semua komplain sy tdk di tanggapi, bisa-bisa kesaing deh untuk jalur Semarang-Madiun sm Harapan Jaya…

  22. Salam Sejahtera,

    Kami ucapkan terimakasih atas segala saran dan kritik anda. Untuk kami itu adalah sebagai wujud kasih sayang anda terhadap Rosalia Indah.

    Sebelumnya kami juga mohon maaf atas ketidaknyamanan yang telah dialami. Berikut tindakan – tindakan nyata dari manajemen untuk memperbaiki kinerja semua staf kami :

    AGEN

    Diadakan pembinaan dan monitoring terhadap kinerja Agen, Behaviour & Manner adalah target untuk perbaikan. Dilakukan sidak terhadap sistem pelayanan. dan pelatihan Customer Approaching. Dan andalah yang melakukan penilaian serta melaporkan langsung bila tidak mendapatkan perlakuan yang sebagaimana mestinya. Sanksi sudah diberlakukan untuk agen yang membandel. Sanksinya adalah, sanksi administratif sesuai standar perusahaan hingga pemutusan hubungan kerja.

    KRU

    Kita sudah menyelenggarakan pembinaan harian dengan sistem konseling ( Confession Spot ) Dimana kru bisa berkonsultasi dan mengeluarkan semua uneg2 nya sebelum bertugas yang dilayani petugas khusus.
    Pembekalan bulanan yang bersifat kontinyu dan family respecting. Dimana Istrilah yg harus mengambil gaji dan disinilah terjadi forum share antar keluarga yang juga dilayani petugas khusus.
    Tetapi kita tidak menutup mata masih ada beberapa oknum yang bandel dan tentu saja sanksi sudah menunggu,

    MARKETING

    Semua staf marketing dan khususnya bagian ticketing harus memenuhi standar Manner du Pointer dimana harus mampu bersikap imbang dan sesuai porsi Job desc nya

    Itulah beberapa hal yang saat ini sedang gencar-gencarnya kami lakukan. Dan kami sadar ini bukan program untuk jkangka pendek. Dan semua ini kami lakukan karena :
    kami bangga melayani anda…..

    Untuk SE segera kita adakan perubahan dimana setiap armada SE hanya ada maksimal 20 seats. dan dilayani 4 kru ( 2 Drivers, 1 Tour Leaders, dan 1 Driver assistant ) dengan kemasan baru dan suasana baru, Home like.

    Terimakasih dan Pilihl;ah alat transportasi anda denga Bijaksana. Mohon maaf atas kata yang kurang berkenan. Tuhan Memberkati

    • saya baru saja menggunakan bus rosalia SE tgl 5april 2012 tujuan jkt-solo. masih mengalami cerita teman2 diatas semuanya itu. bus yang datang terlambat dr jadwal keberangkatan rawamangun jam 15.00wib bus baru jalan jam 16.10 wib. mana yang di bilang “Untuk SE segera kita adakan perubahan dimana setiap armada SE hanya ada maksimal 20 seats. dan dilayani 4 kru ( 2 Drivers, 1 Tour Leaders, dan 1 Driver assistant ) dengan kemasan baru dan suasana baru, Home like.” TIDAK ADA SAMA SEKALI!!!!! tv tidak dinyalakan hanya di nyalakan radio dengan lagu yang super ANEH!!!

      driver ngebut, dan pas di daerah boyolali sekitar jam 06.00 bus rusak sehingga saya di oper ke bus rosalia lainnya.

      rasanya untuk nama sebesar Rosalia dan pilihan kelas saya yg SE bisa dibilang ROSALIA sangat tidak rekomendasi. baik kelas biasa sampai SE tidak ada kesan nyaman ke penumpang.

      INTINYA ROSALIA MASIH MENGECEWAKAN!!!!!

  23. saya pernah sekali mengalami kehilangan bagasi di rosalia. Untungnya sebelum berangkat petugas di Palur memberikan saya label bagasi dan membantu menuylis serta menempelkannya. Setibanya di Bitung dan saca mencarinya ternyata tas saya tidak ada…! pertama saya emosi dan ketika petugas di bitung memberitahukan bahwa mereka akan bertanggung jawab dan melacaknya saya sedikit tenang dan pulang ke kontrakan saya. Siang jam 1 an saya diterlepon bahwa barang saya terbawa penumpang lain dan dikembalikan di garasi bitung.Wah saya senang dan menghargai kerja keras bapak2 di rosalia terimakasih. Sejauh ini tidak ada yg mengecewakan hanya saja untuk menunya lebih bervariasi aja yah..tyerimakasih.

    edy, PT SINAR MAS ADHITAMA, Tangerang.

  24. terima kasih untuk seluruh komentar baik dari PT Sinar Mas Adhitama dan rekan2 sesama pengguna bus antar propinsi. Saya terkejut karena inilah artikel di blog saya yg paling banyak komentarnya. Tentu saya dan sesama pengguna bus ingin ada perbaikan pelayanan karena kami sering menggunakan, bahkan mengandalkan bus sbg salah satu alternatif. Jadi, kami sangat peduli dengan perbaikan pelayanan bus tidak saja Rosalia tapi agen bus lainnya.
    Terima kasih respon Pak Edy. Lain kali sy ingin coba Rosalia untuk ke Jogja.

    Salam

  25. saya punya pengalaman yang sangat pahit sekali…waktu terima berita nenek saya di solo meninggal dunia, saya langsung pesan tiket ke solo dari PO ROSALIA, berangkat dari jl raya bogor, setelah saya turun, saya langsung buka dompet saya..ternyata uang saya sejumlah 2jt hilang di copet di dalam bis ROSALIA…pencopetnya adalah penumpang ROSALIA…saya berharap pihak dari PO ROSALIA memberikan jaminan keamanan bagi penumpang ROSALIA…karna banyak informasi dari teman saya bahwa banyak terjadi kehilangan sewaktu naik bis ROSALIA…saya berharap agar pengaduan saya dapat menjadi perhatian bagi PO ROSALIA…karna hal ini juga untuk nama baik PO ROSALIA… semoga pengalaman buruk saya tidak terjadi lagi kepada orang lain.

    terimakasih,

  26. pokoknya kapok banget naik bis ROSALIA…harganya mahal, makannya kurang enak, banyak copetnya… itu terjadi pada saya sewaktu pulang ke solo…..pokoknya gak mau lagi naik bis rosalia…sewaktu teman saya komplain jawaban dari pihak agen rosalia hanya menjawab memang sudah banyak yang ngadu seperti itu…yg saya minta di sini bagaimana perbaikan keamanan dari PO rosalia..

    Semoga di tanggapi

  27. Excutive New Marco nya keren&very fast..smua bis dilibas,nympe plg cepet..br kl ini ngrasain naik bis yg super cepat(kyk Lorena jaman dulu),skill driver bgs,tnpa ada batasan solar kyk PO yg lain..salute bwt Ros-in.

  28. Salam Sejahtera,

    Kepada Yth bp / sdr / sdri Wiwie.
    Terimakasih atas kritiknya. Hal yang disampaikan sudah kami periksa dan tidak ada laporan barang hilang dalam kurun waktu september hingga November. Oleh karena itu dimohon untuk melaporkan kepada petugas kami dan dengan rasa hormat untuk membawa tiket atau setidaknya nr lambung armada yang anda gunbakan. Kami akan amelayani semkasimal mungkin.
    Terimakasih. Tuhan memberkati

    Manajemen.

  29. saya selalu berlangganan ros ind, mulai dari patas-vip-eksekutif-SE sudah saya rasakan, kalo dihitung2 sudah ada lebih dari 25 x pp, coz saya hobby mudik. Dari pengalaman saya, belom pernah ada kejadian yang mengecewakan, paling banter ya kehabisan tiket.sekedar masukan siy tolong koleksi lagu2 nya di update or film yg bermutu lah jgn dangdutan atau lagu2 jawa ,itu2 saja terus -( ampe bosen.terus kalo turun di RM yg kedua, AC nya jgn dimatiin dunk,sptnya memaksa penumpang turun..pdhl kadang msih tidur pulas coz masih dini hari n males bgt trn buat skedar makan, kadang jg bawa bekal sendiri, tpi kalo didlm pnas n pengap ya mau ga mau hrus trn kan, mengganggu bgt,, mungkin itu kesepakatan pengelola bis n restoran, tpi jelas saya sbg penumpang merasa tdk nyaman.
    itu saja yg perlu disampaikan.trmksh-mohon perbaikannya.GBU

    • Ibu VEra yang terhormat,

      Sungguh kami sangat bersyukur atas masukan ibu yang mebuat kami instropeksi diri dan segera memperbaiki hal yang membuat konsumen kami merasa tidak nyaman. Segera akan kami tindak lanjuti dengan memberikan instruksi untuk mengawasi kondi armada saat berhenti di RM Indramayu. Secara kasuistis memang ada kondisi dimana AC harus dimatikan sebentar. Tetapi bagaimanapun akan kami tembuskan saran ibu ke divisi Engineering kami supaya memperbaiki kondisi AC armada.
      Yang jelas tidak ada kesepakatan apapun apalagi yang membuat penumpang kami terganggu.Berikut kami sampaikan petugas kontrol kami di Berbagai tempat :
      RM SARI BOGA Indramayu Bpk Mulyadi
      RM SARI RASA WELERI Bpk Otto
      RM LESTARI Kebumen Bpk Mukayat

      Terimakasih Tuhan Memberkati

  30. saya anggota RI Plus ada yang ingin saya usulkan kenapa belum ada clas SE ke Wonogiri dari jakarta PP. disamping itu kepana sih harga tiket lebaran sama dalam seperti leberan kemarin 300 rb untung aja saya pesen tgl 1 oktober jadi dah menjadi 226 rb, satu lagi kenapa rute selama itu tidak lewat jalur biasanya padahal saya di cengkareng.jika naik Rosin turun cikokol sebelum kembali ke rute biasanya kasihan penumpang yang tidak dilalui rute lebaran bisa jadi malah banyak yang pindah PO lain. satu lagi kenapa harus bayar penuh anak usia 4 tahun / tinggi 90 cm dari wonogiri padahal anak usia itu masih dipangku orang tua kecuali beli dengan sendiriya.trims

    • Kepada Bp Anto Yth,

      Terimakasih dan selamat emnyongsong TAHUN BARU 2010.Masukannya bagus dasn akan menjadi program tahun depan.Proses dari masukan adalah sebagai berikut. Survey lapangan, Analisa team, Survey Ulang, trial 1 pp, pembahasan Dewan Direksi, koordinasi dengan PO lain, Ijin, dan launching. Memang terkesan lama tetapi itu karena kami juga memproyeksikan jauh kedepan dan bagaimana pengembangannya nanti.
      Harga tiket sudah kebijakan Direksi dan kesepakatan dengan Organda dan PO lainnya.
      Tiket harga penuh untuk anak dengan usia 4 tahun/ 90 cm merupakan bentu pelayanan dari segi kenyamanan. KArena di usia itu bila Orangtua memangku dari solo – Jkt sangatlah tidak memungkinkan Dan hal ini sudah melalui proses riset sekitar 6 bulan ditahun 2008.Peraturan ini merupakan adaptasi dari peraturan dishub hal kenyamanan Transportasi umum. Peraturan ini diberlakukan untuk bus non ekonomi. DAn karena Rosalia Indah bukan Non ekonomi maka mau tidak mau kami harus mentaati peraturan.Beberfapa PO non ekonomi yabng tidak melakukan peraturan ini sering terkena razia.DAn yang kami harapkan semoga semua penumpang mendapatkan kenyamanan dan keamanan yang sesuai dengan yang dibayarkan.
      Terimakasih Bapak Anto.GBU

    • Kepada Bp Anto Yth,

      Terimakasih dan selamat menyongsong TAHUN BARU 2010.Masukannya bagus edasn akan menjadi program tahun depan.Proses dari masukan adalah sebagai berikut. Survey lapangan, Analisa team, Survey Ulang, trial 1 pp, pembahasan Dewan Direksi, koordinasi dengan PO lain, Ijin, dan launching. Memang terkesan lama tetapi itu karena kami juga memproyeksikan jauh kedepan dan bagaimana pengembangannya nanti.
      Harga tiket sudah kebijakan Direksi dan kesepakatan dengan Organda dan PO lainnya.
      Tiket harga penuh untuk anak dengan usia 4 tahun/ 90 cm merupakan bentu pelayanan dari segi kenyamanan. KArena di usia itu bila Orangtua memangku dari solo – Jkt sangatlah tidak memungkinkan Dan hal ini sudah melalui proses riset sekitar 6 bulan ditahun 2008.Peraturan ini merupakan adaptasi dari peraturan dishub hal kenyamanan Transportasi umum. Peraturan ini diberlakukan untuk bus non ekonomi. DAn karena Rosalia Indah bukan Non ekonomi maka mau tidak mau kami harus mentaati peraturan.Beberfapa PO non ekonomi yabng tidak melakukan peraturan ini sering terkena razia.DAn yang kami harapkan semoga semua penumpang mendapatkan kenyamanan dan keamanan yang sesuai dengan yang dibayarkan.
      Terimakasih Bapak Anto.GBU

  31. Saya sudah sering solo-bogor pp naik rosin.. Selama ini g ada masalah yg berarti, dan kalo jadi bulan april atau mei saya mau nyoba yg SE ke bogor, kira2 harga tiketnya berapa ya??

  32. saat lburan akhir thn kmrn sya naik SE 313, kesan yg sya rasakan adlh nyaman, aman, & joss!…tapi kok blum ad perubahan??sperti yg mas Arinto katakan>>Untuk SE segera kita adakan perubahan dimana setiap armada SE hanya ada maksimal 20 seats. dan dilayani 4 kru ( 2 Drivers, 1 Tour Leaders, dan 1 Driver assistant ) dengan kemasan baru dan suasana baru, Home like…kapan nih di realisasikan??

    • SALAM SEJAHTERA,

      TERIMAKASIH BAPAK ABAS YANG KAMI HORMATI. PENYESUAIAN KONDISI ARMADA SE SEDANG KAMI PROSES. DAN MEMERLUKAN WAKTU. TAHAP YANG KAMI LAKUKAN SAAT INI ADALAH PEMANTAPAN KRU TERLEBIH DAHULU. maSIH BANYAK YANG HARUS KAMI LAKUKAN UNTUK KEPUASAN KONSUMEN. PEMANTAPAN KRU MELALUI PEMBINAAN DAN KONSELING HARIAN SERTA PENGAWASAN HARIAN INI KAMI LAKUKAN WAWANCARA TIDAK HANYA KRU NYA SAJA MELAINKAN JUGA KELUARGA, TEMAN, DAN SONSORNYA. MUDAH2 AN BISA SEGERA TEREALISASI.MOHON DUKUNGAN DALAM SARAN, PENGAWASAN, DAN DOANYA. TERIMAKASIH

      SALAM HANGAT

  33. Ass. Wr Wb.

    Saya pengguna setia Rosalia dr tahun 1996 sampai sekarang. Saya msh ingat ketika pool Rosalia yg di Bitung, Tangerang itu mulai dibangun.

    Dulu kelas executive masih Rp 22.000,- Hingga sekarang sdh ratusan ribu. Mungkin sy sdh ratusan kali naik Rosalia. Krn hampir tiap bulan sy bolak balik Solo – Tangerang atau Solo – Jogja. Dan gak ada kelas SE

    Selama ini gak ada keluhan yg berarti. Cuma pernah tabrakan sekali di Subang dan mogok di Semarang. Armada penngantinya pun cepat datang. Armada Rosalia cukup banyak. Dulu pernah pake bis lain. Tp pas mogok, gak ada gantinya. Pas diganti, ternyata bis ekonomi dr bis lain lagi. Sdh gitu, gak diganti uang tiketnya. Anjriittttt…

    Jadi sebelum menghujat, coba pake bis lain dan rasakan bedanya. Bis lain byk calonya dan harga tiket gak seragam. Suka naikin penumpang di tengah jalan.

    Memang ada yg lebih baik dr Rosalia, tp armada Rosalia paling banyak. Gimana klo mogok di jalan, ada penggantinya gak?

    Btw, pelayanan rest area di taun 90-an, sy rasa kok lebih baik ya.? Dulu di rumah makan Markoni ada ruangan khusus dg fasilitas karaoke dan makanannya banyak. Klo sekarang…. hmmmm… agak ngirit

    Thanks at all!

    Wassalam

  34. Salam Sejahtera,

    TErimakasih atas atentiosinasinya dansemangat yang aanda berikan kepada kami, semoga hal ini akan menambah keualitas pelayanan kami.
    SAAT ini kami membuka lowongan untuk pengemudi rosalia indah. Syarat khususnya adalah mempunyai SIM B2 Umum dan berpengalaman mengemudikan BUS MALAM. LAin-lain bisa ditanyakan di agen-agen terdekat dan atau kantor pusat ROSALIA INDAh. Jln Raya Solo – Sragen KM 7,5 Palur. Jaten. Karanganyar Jawa Tengah (0271 ) 825 173, 825688.
    Hubungi Divisi Operasional. Terimakasih

  35. kepada Yth. Bp Arinto

    ass. wr. wb.

    Banyak sekali keluhan-keluhan dari konsumen mengenai pelayanan yang diberikan Rosalia Indah, saya adalah salah satu konsumen ROSIN dan bahkan pernah menjadi bagian di ROSIN akan tetapi di RE Palur dan Bitung. dari awal kemunculan Rosin hingga sekarang pelayanan Rosin lumayan bagus, akan tetapi, ada beberapa pelayanan yang “hilang” seperti keluhan teman-teman konsumen diatas. Disini saya ingin “Urun rembuk” demi kemajuan Rosalia Indah.
    1. Tindak lanjuti keluhan konsumen. Di tiket ada form keluhan yang harus diisi oleh penumpang, apa itu berjalan dengan baik? trus form tersebut dimasukkan kemana? jika hal ini sudah berjalan dengan baik inti permasalahan akan diketahui, dan agen mana yang sering melakukan tindakan tersebut, croscek lapangan langsung, beri sangsi jika perlu.
    2. Induksi dan orientasi lapangan tiap bulan ke setiap agen baik agen luar maupun agen dalam.
    3. Buat Program Peningkatan dan Perbaikan Pelayanan setiap tahun.
    4. Buat SOP pelayanan kenyamanan, keamanan dan keselamatan yang baku.
    5. Bentuk Internal Audit setiap 6 bulan sekali kesemua sektor managemen pelayanan dan industrial Hygiene.
    6. Beri award ke setiap agen yang berprestasi.

    Sebelumnya mohon maaf, Mungkin ini yang perlu diperhatikan oleh Management Rosalia Indah.

    Bravo Rosalia Indah….
    wass. wr. wb.

    • Yth Bapak Yustian,

      Terimakaih atas sarannya dalam rangka usaha tururt serta membangun keberadaan Rosalia INdah. Saya yakin bahwa sebagai Almamater Family dari Kelkuarga Besar Rosalia INdah bapak Yustian sangat memahami karakter dari perusahaan ini.
      Dari beberapa item yang bapak sampaokan saat ini sudak kami lakukan dan selebihnya kami kan berkomitmen untuk menjaga semua kebijakan – kebijakan yang progresif aktif dalam membangun karakter Rosalia Indah Membangun. Dan di tanggal 15 Maret kami akan merayakan Hari jadi yang ke 19. Semoga kami para karyawan, kru, dan staf mampu menjaga dan mengembangkan Rosalia Indah untuk lebih lagi memberikan pelayanan yg terbaik dan menjadi berkat untuk sesama.
      Terimakasih Bapak Yustian. Tuhan Memberkati

  36. Kenapa jam berangkat dari jakarta ke wonogiri terlalu sore agak siang dong biar sampai wonogiri sebelum shubuh. satu lagi kenapa mesti mampir agen banyak banget antara wonogiri sampai krapyak padahal setelah solo kan banyak bus dari solo, mengapa mesti di gabung dengan arah dari wonogiri padahal berangkat jam 13.00 seharusnya nyampai cengakareng sekitar jam 3 atau jam 4 kadang malah jam 5 sampai jam 6

  37. Yang Terhormat Bp Surya,

    Terimakasih atas saraannya. Hal Jam keberangkatan dari Jkt ke wonogiri memang saat ini kita menggunakan jam tersebut sesuai dengan ijin yg diberikan oleh DIS HUB Untuk kedepannya kami akan mencoba untuk lebih baik lagi.
    Dari Wonogiri bus akan melewati Agen Sukoharjo, KArtasura, Boyolali, bawen, ungaran, banyumanik. dan diluar itu kita tidak berhenti. Apabila ada pelanggaran mohon kami diinformasikan disertai data nopol, no lambung armada, tgl keberangkatan dan jam kejadian atau posisi saat berhenti. Terimakasih dan mohon maaf atas ketidaknyamanannya.
    Sedangkan kenapa bus wonogiri digabung dengan penumpang dari wilayah lain yang notabene darei arah solo bisa diluncuri bus dari Solo.Sudah ada pembagian dimana setiap bus mempunyai jadual dan jatah penumpang berdasarkan daftar penumpang. BAgaimanapun juga kami akan mencoba untuk lebih menyamankan para penumpang Rosalia Indah. Terimakasih

  38. LOWONGAN PEKERJAAN PENGEMUDI BUS ROSALIA INDAH

    DIBUTUHKAN PENGEMUDI BUS MALAM DENGAN SYARAT SEBAGAI BERIKUT :
    1. Berpengalaman sebagai Pengemudi Bus MAlam dibuktikan dengan Surat Pengalaman kerja asli dan foto copy
    2. Usia 30 hingga 48 Tahun
    3. Penjamin bermeterai Rp 6.000 ( Blanko tersedia )
    4. Surat Lamaran Kerja ditulis tangan bermeterai Rp. 6.000
    5. Daftar Riwayat Hidup.
    6. SKCK asli dan Foto copy
    7. Surat domisili dari kelurahan setempat
    8. Surat Keterangan dokter
    9. FC SIM B1 umum / B2 umum.
    10.Foto berwarna ukuran 4 X 6 ( empat Lembar )

    Yang berminat silakan datang langsung dan menyerahkan berkas lamaran didalam MAP MERAH. Keterangan lebih Lanjut hubungi :
    DIVISI OPERASIONAL(0271) 825173 Contact Person Bp Landjari, Ibu Tri Suyatmi.Bp. Arinto. Terimakasih

  39. Senin ini 26 juli 2010, pengalaman untuk yg pertama kali sy menggunakan jasa rosin….mudah2 an pengalaman yg menyenangkan…amiiin.

  40. Yg sy takutkan terjadi, ditiket tertulis rawamangun eh diantar ke kampung rambutan, kru bus bilang daftarnya ke kp rambutan, dan tadi sy tdk ngomong terlebih dahulu…walah, sy dr terminal purwokerto dan beli tiket disana, no 2c dan 2d’

  41. menyambung comment sy sebelumnya info no pol bus AD 1583 DA, no body 296, mohon perbaikan sistem pencatatan penumpang diperbaiki, sy khawatir kejadian sy menimpa orang lain.

  42. sy menelpon ke kantor pusat rosin dan ditanggapi sore harinya, ttp sy terlanjur kecewa krn kelakuan kru mobil yg tdk memberi solusi atas kesalahan koordinasi, payah!!!!

  43. saya penumpang setia rosalia indah dah lebih dari 10 thn…selama ini blm ada keluhan yg berarti, paling cuma bosen ma menu makanannya…mngkn masukan aja, buat memperbarui armadanya, banyak yg dah tua…
    dulu pernah mencoba naik putra remaja, tp ngeri bgt…sopirnya 1 orang dari jogja ampe merak, gmn ga horror…pdhl rosalia pasti pake 2 sopir..trus waktu bis mogok, pihak putra remaja ga mengirimkan bis penggantinya, para penumpang malah dinaikkan bis ekonomi yg lewat, pdhl perjalanann masih jauh dari dari cirebon ke merak…seelah itu saya ga pernah naik lg bis putra remaja…

  44. Pingback: 2010 in review « Soenting Melajoe

  45. kenapa sih wonogiri malah adanya class VIP yang banyak tempat duduknya dari pada armada lain yang sama clasnya tapi hanya 32 /34 seat sementara harga jauh bedanya. eksekutifnya kenapa di hilangkan dari cengkareng tidak ada. yang super eksekutirfnya kok malah tdk ada katany mau di upayakan. trims

  46. Slam kpada krew rosalia yg mndengarkan. Knpa sieh kok yg executive class gk ada tv yg ukuran 14 in kya armada yg lain nya kan ada di smping ac nya,jdi biar bsa liat tv dri jarak dkat,dan 1.lgi ksih pijakan kaki bgi armada executive class dan super executive.

    Terima kasih.

  47. mohon kepada pihak rosela terkait ,mohon bantuanya,,saya wardoyo tinggal di tangerang,tepatnya dekat agen bus rosalia di jl raya serpong,,
    mohon bantuanya dari pihak rosalia agar saya bs booking tiket dari sekarang untuk pemberangkatan seminggu sebelum lebaran,tepatnya tanggal 25 agustus,,dikarenakan kesibukan saya sebagai kuli pabrik,,dan mohon jika bs saya ditempatkan di bangku depan untuk 4 orang ( bangku kiri dan kanan )dikarenakan anak saya yg kecil selalu rewel kalo duduk di bangku selain di depan,,mohon bantuanya dari pihak terkait,,,jika memang bs mohon petunjuknya
    hub saya di,,08158950042
    untuk pihak rosalia saya ucapkan terima kasih,semoga bisa membantu masalah saya ini,dan saya yakin kebijakan rosela bs bantu masalah saya ini,
    SEMOGA ROSELA BISA LEBIH BAIK,LEBIH BIJAK,DALAM MENANGGAPI MASALAH DAN KELUHAN PARA PENUMPANG ATAUPUN CALON PENUMPANG
    SUKSES BUAT ROSALIA INDAH

  48. iseng baca komen – komen saudara/i kita yang sudah pernah naik bus rosalia, jadi pengen ikutan juga.saya pelanggan rosalia sejak th 90-an( kantor pusatnya masih dekat bundaran palur ) klo di hitung dah banyak kali saya naik bus ini .karena sejak bujangan saya bekerja ditangerang,waktu itu juga ada agen yang baru dibuka di tangerang (jatake).kebetulan saya tinggal di palur,ikut nenek sedang orang tua di jakarta.sejak kecil sampai berkeluarga saya sudah bolak balik solo-jakarta, dan pasti sudah merasakan naik bermacam -macam bis.begitu ada bis rosalia ini,saya dan keluarga jadi pelanggan setia( terutama anak-anak ,klo ke jakarta klo nggak naik rosalia enggak,kata mereka).kami rasa selama menjadi pelanggan,tidak ada masalah yang berarti buat kami.so, untuk pihak rosalia,kami juga punya bbrp saran dan masukan :1)menu makannya membosankan,padahal di tiket di tulisnya prasmanan 2) klo putar video pas bnyk anak – anak ,disesuaikan dgn tontonan mereka.3)mohon pak sopir tidak merokok waktu mengemudikan,meskipun kaca dibuka sedikit ,padahal bis exekutive,mungkin biar nggak ngantuk kali ya.4) diWEB mohon dicantumkan harga tiketnya. semoga kedepan rosalia menjadi lebih baik.

  49. Tanggal 13 Des 2011 naik Rosalia Indah dari malang-purwokerto. Berbagai pengalaman saya peroleh, yang paling banyak adalah pengalaman buruk.

    1. Sopir ngebut, ugal-ugalan dan sering tiba-tiba ngerem mendadak, sehingga penumpang yang sedang tidur sampai terlempar kedepan, hal ini gak cuma sekali tapi sering. Sehingga praktis selama perjalanan saya gak bisa tidur karena khawatir bakalan terlempar kedepan. Rosalia indah paling merekrut sopir ini dari eks sopir truk sehingga gak punya perasaan terhadap penumpangnya.

    2. Saya baru sadar kemalingan setelah sampai ditujuan, uang sejumlah Rp 500.000,- dan modem eksternal hilang, alhamdulillah duit dikantong masih cukup untuk ngasih ortu, malingnya pintar sekali, semua resleting balik ke posisi sempurna sehingga tidak menimbulkan kecurigaan.
    Perasaan saya bilang, kejadiannya pada saat penumpang makan di warung padang sederhana Caruban. Seharusnya kru bertanggung jawab atas keamanan barang penumpang pada saat penumpang sedang makan, ini adalah hal yang biasa kita temui di bus-bus yang lain.
    atau jangan2 “pagar makan tanaman”.

  50. untuk ROSIN..pengalaman saya sich lumayan baik..saya baru kemarin tgl 11-03-2012 pertama naik ROSIN.dari bogor ke NGAWI.memang agak mengecewakan..karena selalu berhenti di tiap pool.tp saya suka dengan selimut yang di berikan selalu bersih.tp bisakah kita naik langsung di kasih,soalnya udah kedinginan.dan itu ada video kenapa gak diputarin filmnya..kan BT.musiknya lawas semua..yang baru dong iwak peyek mungkin (OVJ)..tp lumayan juga sich.cukup memuaskan.karena baliknya juga masih pakai ROSIN..tp gara2 yang tiap pool berhenti jd telat kerja dech.Untuk ROSIN..tingkatkan lagi kualitas pelayanan..karena kita akan pilih yang terbaik dalam perjalanan kita..pakai simbol..pembeli adalah raja..maka sukses pasti di terima.

  51. pengalaman pertama naik rosalia indah menyedihkan! itu pengelolanya tidak berpikir panjang menjual tiket penumpangnya dan memperlakukan penumpang (perempuan) yang sudah membeli kursi bis oper ganti bis sampai tiga kali di tengah malam, di mana di salah dua bis tersebut penumpang perempuannya disuruh berdiri dulu karena tempat duduk yang dipesan masih diduduki orang lain. dasar pengelola edun! cukup sekali berurusan sama rosalia indah, layanan minta dibayar eksekutif tapi saat realisasinya masih kalah jauh dengan bis malam antar kota antar propinsi yang full ac.

  52. kalau saya setelah naik rosin itu, busnya kenceng kenceng dan gak naikin penumpang sembarangan, apalagi kalo naik yang non ac dulu 2006 masih 65 ribu solo jkt, skarang brapa ya, soal fasilitas ok lah, udah punya rm makan sendiri, keluhannya sih gak ada cuman satu sih kursi paling depan adalah kursi yang paling sempit gak bisa slonjor

  53. Buat para crew armada,tlong yang ramah dan sopan,and jangn trlalu bnyak berhnti ini di setiap pool.banyak penumpang kecewa karena.lama menunggu di dalam bus.saat bus brhnti di pool. Buat pak sopir bpu.rosin yang mengendarai aramadanya jngn ngebut dan rem mendadak.kan ada jarak batas kecepatan dan batas pengguna’an rem.jangn asal main gas poll…. Rem poll…. Kan ketahuan itu sim nembak atau tes,Untuk menu mkanan di ganti jngn ayam potong sama telur bachem…. Coba di ganti mknan yang merakyat.untuk armada lagi ni… Coba video nya jngn musik.coba di putarkan. Film cartoon atau apa yang lucu.kasihan anak yang di bawah umur.menonton yg belum saatnya untuk di tonton.kaya orkes yang goyangn nya erotis kya gtu. Mudah2n saran. Dari kami ini salah satu pelajaran buat pihak rosin agar lebih baik kedepan nya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s